Minggu, 12 Mei 2013

Pengertian Budaya politik

Pengertian Budaya Politik.
Budaya Politik adalah salah satu komponen dalam sistem politik. Komponen sistem politik lainnya adalah struktur politik. budaya politik dapat dipandang sebagai landasan sistem politik yang memberi jiwa dan warna pada sistem politik atau memberi arah pada perang-perang politik yang dilakukan oleh struktur-struktur politik.
Ada pengertian beragam tentang budaya politik beberapa diantaranya adalah :
- Budaya politik adalah sikap orientasi warga negara terhadap sitem politik dan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peranan warga negara didalam sistem itu CGA.Ahmad&S.Verba (1991:21)
- Budaya Politik adalah pandangan politik yang mempengaruhi sikap orientasi dan pilihan politik seseorang. Budaya politik mengutamakan dimensi psikologi suatu sistem politik yaitu sikap, sistem kepercayaan, simbol yang dimiliki individu dan yang dilaksanakannya dalam masyarakat (Marbun,2005:84)
- Budaya politik adalah keyakinan, sikap, nilai, ide-ide, sentimen & evaluasi suatu masyarakat tentang sistem politik negara meraka dan peran masing-masing individu dalam sistem itu ( Larry Diamond) 2003:27)
- Budaya politik adalah sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya ( Voctar n asoed & Colin Nac Adress,1986:41) 
- Budaya politik adalah suatu konsep yang terdiri dari sikap, keyakinan, nilai-nilai dan keterampilan yang sedang berlaku bagi seluruh anggota masyarakat, tentang pola cenderungan-cenderungan khusus serta pola-pola kebiasaan yang terdapat pada kelompok-kelompok masyarakat (Almond & powell,1996:23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar